Friday, March 23, 2012

Wawasan Nusantara


Letak astronomis Indonesia dalam peta dunia dan globe itu adalah terbentang di daerah garis khatulistiwa, terletak 6 LU - 11 LS dan antara 95 BT sampai 141 BT. Garis khatulistiwa (garis lintang nol derajat) melintasi kota Pontianak di Kalimantan Barat. Tanah air kita mendapat julukan Zamrud Khatulistiwa, Zamrud itu sendiri adalah jenis permata berwarna hijau. Kalau kita naik pesawat terbang melintas di atas kepulauan Indonesia, akan tampak betapa indahnya tanah air kita, ribuan pulau diliputi hutan lebat dan pesawahan yang sambung – menyambung, laksana untaian zamrud yang terbuai – buai di tengah lautan biru.
            Letak Indonesia pada garis bujur menyebabkan terjadinya perbedaan daerah waktu. Di Indonesia terdapat tiga daerah waktu yaitu :
a.       Daerah waktu Indonesia bagian barat (WIB) meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Madura, Propinsi Klaimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
b.      Daerah waktu Indonesia bagian tengah (WITA) meliputi Pulau Bali, Kepulauan Nusatenggara, Timor-Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi.
c.       Daerah waktu Indonesia bagian timur (WIT) meliputi Maluku dan Irian Jaya.
Masing – masing daerah mempunyai selisih waktu satu jam. Jika dibandingkan dengan pedoman waktu internasional atau GMT (Greenwich Mean Time), maka di Indonesia terdapat perbedaan waktu sebagai berikut :
WIB                sama dengan waktu GMT + 7 jam,
WITA            sama dengan waktu GMT + 8 jam,
WIT                 sama dengan waktu GMT + 9 jam.

Dan letak Indonesia berada disekitar garis khatulistiwa dan beriklim tropis.

No comments:

Post a Comment